Vihara Sian Djin Ku Poh Karawang

Vihara Sian Djin Ku Poh Karawang

Vihara Sian Djin Ku Poh

Adalah yang sejak tahun 1770 menjadi tempat untuk rombongan dari Tionghoa mendarat ke Teluk Ujung Karawang. Untuk menuju Muara Cabangbungin, Bekasi lalu menyusuri sungai Citarum. Rombongan tersebut tesdiri dari tiga marga, yakni Marga Khouw, Lauw dan Tjiong yang dipimpin oleh pemimpin yang bernama Khow Si Ie. 

Rombongan tersebut membawa abu leluhur mereka, Sian Djin Ku Poh. Ketika rombongan tersebut sampai ke Tanjung Pura. Mereka menghadapi dua sungai, yaitu sungai Citarum dan sungai Cibeet. Sesuai kepercayaan yang mereka anut, rombongan tersebut meminta petunjuk kepada Mak Sian Djin Ku Poh yang merupakan leluhur mereka. 

Setelah meminta petunjuk dan tak kunjung mendapatkan jawaban. Meraka akhirnya berlabuh dan tinggal ditempat yang dikenal dengan Tanjung Pura. Dan setelah itu, tiga marga tersebut mendirikan vihara atau kelenteng yang diberi nama Kelenteng Sian Djin Ku Poh.

Awalnya vihara dibangun mirip seperti gubug yang ala kadarnya dengan kondisi vihara yang menghadap ke matahari terbenam. Namun sejak ahli Hong Sui berkunjung ke perkampungan ini. Arah tersebut dirubah sebagai altar persembahyangan Mak Ku Poh ke arah matahari terbit.

Suhu Vihara

Itu tadi adalah sekilas riwayat singkat tentang asal-usul keberadaan vihara Sian Djin Ku Poh. Seperti yang di ungkapkan oleh Suhu Vihara atau Kusumah Parta Wijaya. Menurut Suhu Vihara, vihara ini dibangun oleh ketiga marga yang sudah mengalami renovasi. Renovasi ini terjadi karena vihara yang dimaksud dekat dengan sungai Citarum yang memisahkan antara Karawang dan Bekasi.

Dari sekian banyak renovasi yang terjadi, salah satu alat yang tak pernah diubah atau dibuang adalah Hiolo. Hiolo yang merupakan tempat untuk menyimpan jenazah yang dibawa oleh ketiga marga tersebut. Sampai sekarang keberadaan alat ini berada di altar Sian Djin Ku Poh yang masih terawat sampai sekarang.

Vihara Sian Djin Ku Poh adalah vihara yang berada dalam pengawasan Yayasan Sian Djin Ku Poh. Yayasan ini berada di samping gerbang utama sebelum memasuki vihara. Pengelola vihara lah yang selalu mengadakan acara besar, seperti ulang tahun vihara dan acara lain seperti, upacara pergantian tahun baru, upacara Potumugana. Serta atraksi Barangsai yang selalu ramai oleh berbagaiwisatawan dan pengunjung.

Lokasi Vihara ini berada di Jl. Rangga Gede 1, Tanjung Pura, Karawang.

Sumber : http://oknusantara.com/vihara-sian-djin-ku-poh-detail-46529.html

 
Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu