Sedikit Sejarah Tentang Stasiun Karawang

Sedikit Sejarah Tentang Stasiun Karawang

Stasiun Karawang

Merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Nagasari, Karawang Barat dekat dengan Rumah Sakit Dewi Sri. Stasiun yang terletak di ketinggian +15m ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta dan merupakan stasiun yang berlokasi paling barat di Kabupaten Karawang.

Stasiun yang bergaya 1950-an ini menjadi stasiun utama penumpang di Kabupaten Karawang selain stasiun Cikampek. Stasiun Karawang memliki 5 jalur kereta api dengan jalur 2 dan 3 sebagai sepur lurus serta jalur 5 yang menuju ke arah Dipo Lokomotif Karawang.

Di stasiun ini terdapat dipo lokomotif untuk lokomotif trem uap. Ke arah selatan dari dipo lama (20 meter) didirikan dipo baru mendekat dengan emplasemen stasiun. Dipo ini memiliki dua jalur rel yang terhubung ke jalur 4. Dipo ini bukanlah dipo lokomotif, melainkan dipo mekanik.

Sedikit sejarah tentang stasiun Karawang

Awalnya stasiun ini merupakan ekstensi dari jalur kereta api Jakarta-Kedunggedehyang telah dibangun oleh Bataviasche OosterspoorwegMaatschappij (BOS)pada tahun 1887. Sejak jalur itu diambil oleh Staatspoorwegen (SS) pada tanggal 4 Agustus 1898, SS kemudian membangun stasiun baru di Karawang. Namun jalur di Karawang ini dibuka pada tanggal2 Mei 1906 karena konstruksi baru dilakukan setelah BOS diakuisisi.

Pengembangan staiun ini dicatat oleh De Stroomtractie op Java en Sumatra karya J.J.G. Oogema pada tahun 1982. Trem Karawang sendiri mulai diinisiasi pada tahun 1911 dengan lebar sepur 600 mm oleh SS. meski tidak banyak yang membahas jalur trem ini, Verslag yang dibuat SS menyebut bahwa jalur trem ini dibagi dua bagian, yaitu Cikampek – Wadas, diresmikan pada tanggal 15 Juli 1912, dan Lamaran – Wadas diresmikan pada tanggal 19 Pebruari 1920. Dari Lamaran kemudian dibuatkan jalur trem cabang lagi hingga Rengasdengklok pada tanggal 15 Juni 1919.

Namun jalur ini dinonaktifkan pada tahun 1981 – 1984 karena kalah bersaing dengan mobil pribadi maupun angkutan umum, serta akses ke stasiun yang lebih mudah tanpa menggunakan trem lagi. 

Demikian sejarah singkat tentang stasiun Karawang. Jika anda ingin melihat jadwal keberangkatan silahkan anda kunjungi langsung situs resminya. Salam Untuk Karawang yang Lebih Baik

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Karawang

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu