Oleh-oleh Khas Karawang Jawa Barat

Oleh-oleh Khas Karawang Jawa Barat

Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing begitu juga Karawang kota tercinta kami ini yang memiiki banyak makanan khas nya. Jadi kali ini saya akan bahas tentang oleh-oleh khas Karawang. Jangan lama-lama lagi langsung aja nih guys kita bahas dari yang pertama.

1. Rengginang Ketan

oleh-oleh-khas-karawangKamu bisa menemukan makanan khas ini di Karawang, terdapat banyak di daerah-daerah perkampungan. Makanan ini bertakstur kering dan renyah, nikmat deh sambil ngopi. Selain rasanya yang asin dan gurih, rengginang ketan khas Karawang ini terkenal dengan kerenyahannya yang jarang di temukan di daerah lain.

Sesuai dari namanya, makanan ringan ini terbuat dari beras ketan yang di olah dengan melewati beberapa tahap, mulai dari memasak beras ketan, penjemuran, hingga tahap penggorengan. Para penjual rengginang ketan di Karawang, menjual dengan dua pilihan kemasan, selain kemasan rengginang mentah ada juga kemasan rengginang matang.

2. Ganastori

oleh-oleh-khas-karawangKue ini bisa juga disebut dengan gandusturi, kue ini terbuat dari kacang ijo, gula pasir, vanili bubuk, terigu, tepung beras, daun pandan dan komposisi pelengkap lainnya. Di masak dengan cara di goreng pada suhu api yang sedang. Kue ini memiliki tekstur bagian luar yang kasar dan lembut di dalam, berwarna putih kecoklatan, dan tentunya memiliki rasa yang manis lezat dan enak.

3. Kerupuk Bontot

oleh-oleh-khas-karawangKerupuk bontot merupakan adonan kerupuk udang setengah jadi, kerupuk ini di produksi dan di jual dengan keadaan setengah jadi. Dengan statusnya adonan setengah jadi, kerupuk ini di potong sesuai ke inginan Anda, dan di masak dengan resep sesuai selera Anda. Adonan setengah jadi (kerupuk bontot) ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dan berwarna oren tua. Di masak dengan cara di goreng, dan di nikmati dengan saus, merupakan salah satu cara menghidangkan dan menikmati kerupuk bontot. Kerupuk bontot ini sudah populer sejak dulu dan sangat terkenal di kalangan masyarakat suku Sunda. Oleh-oleh ini akan sangat mudah di temukan di Karawang, dan akan sangat sulit di temukan di daerah lain.

4. Opak Ketan

oleh-oleh-khas-karawangSelain rengginang ketan, oleh-oleh makanan ringan khas Karawang yang bisa Anda bawa pulang juga yaitu opak ketan. Sesuai dari namanya, makanan ringan tradisional ini terbuat dari bahan utama ketan. Dengan di olah melewati beberapa tahap proses, hingga akhirnya makanan ini menjadi makanan ringan yang renyah, gurih dan pastinya lezat.

Di Karawang Anda akan mudah menemukan makanan ringan tradisional ini. Para penjual pada umumnya, menawarkan opak ketan dengan kemasan matang. Sehingga dengan membeli opak ketan kemasan matang, Anda tinggal membawanya pulang dan siap di nikmati dengan orang-orang tercinta Anda di rumah.

5. Ali Agrem

Nama oleh-oleh makanan khas ini “Ali Agrem”, di namakan demikian, karena kue ini berbentuk melingkar seperti ali/cincin. Kue ini, termasuk kue tradisional yang mudah Anda temukan di Karawang khususnya. Adonan ali agrem terbuat dari tepung beras dan gula merah. Di masak dengan cara di goreng pada suhu api yang sedang/standar. Warna dari kue ini merupakan warna alami yang tercipta dari gula merah. Kue ini sangat cocok untuk di bawa pulang sebagai oleeh-oleh khas Karawang.

6. Gonjing

makanan khas karawangOleh-oleh khas Karawang selanjutnya adalah kue gonjing. Kue gonjing merupakan jajanan tradisional yang legendaris di daerah Jawa Barat, khususnya daerah Karawang. Kue gonjing terbuat dari tepung teringu, air, garam, buah kelapa. Kue ini memiliki rasa gurih yang tercipta dari parutan kelapa, bertekstur lembut, dan memiliki warna yang putih. Banyak juga orang-orang menyebut makanan ini dengan sebutan “Bandros”.

Selain bisa di nikmati di tempat penjual nya, kue gonjing ini juga bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Karawang. Karena ketahanan makanan ini tidak cukup lama, sehingga akan kurang bagus jika di bawa pulang dengan jarak yang jauh. Di Karawang, Anda akan mudah memukan jajanan kue tradisional yang satu ini.

7. Minuman Kawista Madu

oleh-oleh-khas-karawangSelain makanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Karawang, terdapat juga oleh-oleh minuman sirup khas Karawang. Sirup khas Karawang ini terbuat dari buah kawista, buah yang memiliki kulit cangkang yang keras dan jika dalam keadaan matangnya buah ini mengeluarkan aroma sedap yang khas. Buah kawista juga mengandung unsur cola, sehingga sirup ini banyak yang menyebutnya juga cola java. Di olah dengan cara mencampur padukan antara buah kawista dan madu, sehingga minuman sirup ini memiliki rasa manis yang khas.

Selain rasa manis nya yang khas, minuman sirup ini juga mengandung banyak khasiat. Sehingga dengan kandungan rasa serta manfaat yang banyak ini, banyak orang-orang yang menggemarinya termasuk para pelancong. 

8. Serabi Hijau

makanan-khas-karawangBukan hanya di bandung saja yang terdapat makanan tradisional serabi ini. Di Karawang juga terdapat serabi hijau yang bisa Anda nikmati dan di jadikan sebagai oleh-oleh khas Karawang. Sesuai dari nama nya, serabi khas Karawang ini memiliki warna hijau yang menjadi warna identistas ciri khas nya. Makanan tradisional ini, terbuat dari bahan tepung beras, santan kelapa, parutan kelapa, daun pandan, dan pelengkap rasa (manis).

Demikian ulasan tuntas berbagai macam oleh-oleh khas Karawang yang bisa Anda jadikan referensi oleh-oleh saat berkunjung ke Karawang. Semoga dengan artikel ini, bisa membuat Anda lebih banyak tahu seputar oleh-oleh khas Karawang.

Sumber : https://putraunggul.com/oleh-oleh-khas-karawang/

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu