Wisata Sejarah dan Kuliner di Bendungan Walahar Karawang

Wisata Sejarah dan Kuliner di Bendungan Walahar Karawang

Bendungan Walahar Karawang

Hai guys jumpa lagi dengan saya si penulis amatir yang mencoba dan terus mencoba untuk menjadi seorang penulis yang pro. Teman-teman pasti sudah pada tahu kan bendungan Walahar? Yaa pastinya sebagai orang Karawang harus tahu itu. Jadi untuk yang belum tahu saya akan membagikan info nih tentang bendungan Walahar ke kamu iyaa kamuu eeaa. Langsung aja guys kita bahas nih bendungan Walahar Karawang ini.

Apa sih yang membuat tempat ini menarik?

Selain sebagai tempat yang mengandung nilai sejarah yang tinggi, bendungan ini juga bisa menjadi tempat wisata dan kuliner yang bisa membuat kamu betah berlama-lama disini. Suasana yang rindang, nyaman, asri, membuat tempat ini banyak yang mengunjungi. Pada sore hari biasanya banyak anak-anak remaja yang berdatangan (nongkrong) menghabiskan senja ditempat ini. Jumlah volume air disungai ini sangat besar, tapi airnya tenang ko jadi hati-hati aja ya guys. Tempat ini sangat cocok untuk mengisi hari liburmu bersama keluarga.

Disini kamu bisa memancing, bersantai menggelar tikar di pinggir-pinggir sungai dibawah pohon yang adem. Selain itu kamu juga bisa mencicipi kuliner ditempat ini yang tidak kalah nikmatnya dengan restoran-restoran mewah. Salah satu kuliner yang terkenal disini adalah pepes jambal nya guys. Ada pengusaha yang menggeluti bidang usaha ini, yaitu Pak Hj. Dirja. Beliau menyediakan rumah makan di dekat Bendungan Walahar yang tersedia berbagai macam pepes. Untuk maslah harga itu bervariasi guys di mulai dari Rp. 4000 untuk satu pepes tahu dan oncom hinga Rp 35.000 untuk pepes ikan mas. Selain rumah makan Pak Hj. Dirja, disini juga banyak jajanan lainnya ada sop, sate maranggi dll. Ayo guys kapan lagi nih main kesini.

bendungan-walahar
spekologi.com

Lokasi dan Sejarah

Bendungan yang besar ini berlokasi di Walahar, Klari, Kabupaten Karawang. Jika kamu keluar dari tol Karwang Timur, belok kanan ke arah Cikampek, setelah melewati jembatan Kopel, belok kanan lagi ke lokasi bendungan Walahar. Selain itu kamu juga bisa cek di maps ko untuk lokasi Bendungan Walahar ini. Bendungan ini dibangun untuk menopang deras aliran air sungai Citarum, selain itu juga sebagai akses jalan keluar masuk Kecamatan Ciampel, pecahan dari Kecamatan Teluk Jambe Timur.

Proyek pembangunan bendungan ini dimulai dari tahun 1923 oleh belanda dengan pengawasan seorang ahli perairan dari belanda yang bernama C. Swaan Koopman. Bendungan Walahar mulai dipakai pada 30 November 1925. Pintu bendungan Walahar juga pernah direnovasi pada tahun 1989 dan direhabilitasi pada tahun 2009. Bangunan bendungan ini terdiri dari 3 bagian, yang merupakan pintu penahan air berjumlah 5 pintu. Lalu bagian kedua merupakan jembatan seluas 3 meter yang menghubungkan Klari dan Anggita. Terakhir adalah bagian ruang mesin untuk mengatur sistem bendungan.

Ok teman-teman demikian saya membagikan info tentang bendungan Walahar Karawang dari mulai keindahannya, kulinernya, dan juga sejarah dari bendungan tersebut. Semoga info ini bermanfaat untuk kamu guys yang belum tahu tentang bendungan Walahar dan ingin segera berkunjung. Jangan lupa jangan mengotori tempat sejarah ini, buanglah sampah pada tempatnya. Sekian dari saya salam untuk Karawang yang lebih baik.

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu