Masjid Agung Karawang Jawa Barat

Masjid Agung Karawang Jawa Barat

Masjid Agung Karawang

Assalamualaikum.. Wr.. Wb.. Selamat pagi kawan apa kabarnya semoga selalu dalam lidungan Allah SWT dan selalu bersyukur. Seperti yang sudah kita ketahui masjid adalah rumah tempat ibadah umat muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar, atau surau. Istilah tersebut diperuntukan untuk masjid yang tidak digunakan untuk shalat jum’at, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran. 

Di kota Karawang ada masjid yang sudah lama berdiri, secara histori masjid ini adalah masjid tertua di pulau Jawa, yaitu masjid Agung. Lokasi masjid Agung berada di alun-alun Karawang Barat. Masjid Agung Karawang berbentuk bangunan joglo bertiang utama (soko guru) yang memiliki 4 tiang utama bentuk atap limasbersusun tiga yang melambangkan iman, islam, dan ihsan. Masjid ini didirikan pada tahun 1418 masehi oleh Syekh Hasunudin bin Yusuf Sidik ulama atau Syekh Quro. Masjid Agung kini sedang dalam tahap renovasi, dan akan terus dirawat dengan baik. 

Peristiwa Bersejarah

Telah terjadi peristiwa bersejarah di masjid Agung Karawang, yaitu peristiwa pernikahan Nyi Subang Larang putri dari Ki Gedeng Tapa Muara. Dengan putra mahkota kerajaan Pajajaran, Raden Pamanah Rasa putra dari Prabu Angga Larang. Pernikahan antara Nyi Subang Larang dengan Raden Pamanah Rasa berlangsung pada tahun 1344 Saka atau tahun 1422 Masehi. Pada saat itu Syech Hasanudin atau Syech Quro Karawang menjadi penghulu bagi pernikahan mereka di masjid Agung Karawang. Sudah dulu ya guys pembahasannya sampai disini, semoga infonya bermanfaat.

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu