Kuliner Makanan Khas Karawang Enak dan Berkhasiat

Kuliner Makanan Khas Karawang Enak dan Berkhasiat

Jika kita sedang berpergian ke daerah lain tentunya kita akan mencari suatu hal yang unik dari daerah tersebut. Ini dia daftar makanan khas Karawang Jawa Barat yang wajib anda cicipi.

1. Serabi Hijau 

Makanan yang satu ini wajib dicicipi pengunjung jika sedang mampir ke kota Karawang. Makanan khas Karawang Jawa Barat ini sudah menjadi makanan populer di kalangan masyarakat tentunya kota Karawang. Serabi ini mempunyai keunikan tersendiri dari serabi-serabi daerah lainnya, karena serabi ini berwarna hijau. Tersaji berbagai varian rasa dan olahan khas asal Karawang. Bisa didapatkan di daerah Rengasdengklok Karawang Jawa Barat.

2. Ikan Gabus Pucung

makanan khas karawang

Tidak kalah terkenalnya dengan serabi hijau, ikan gabus pucung ini juga lumayan populer dikalangan masyarakat Karawang, olahan khas yang dipadukan dengan rempah-rempah alami yang membuatnya sangat sedap untuk disantap. Sebenarnya makanan ini mirip dengan gabus pucung khas Betawi, tapi setiap daerah pasti mempunyai cara menyajikan makanan yang khas.

3. Kue Gonjing

makanan khas karawang

Ini dia kue legendaris yang ada di kota Karawang, jajanan khas Karawang ini sudah tidak asing lagi bagi orang yang sudah tinggal lama di Karawang. Kue ini sangat bersahabat dengan perut masyarakat, tidak hanya harganya yang sangat terjangkau tapi juga rasanya yang gurih dan lezat membuat orang harus mencicipi jajanan yang satu ini.

4. Pepes Walahar

makanan khas karawang

Disebut Pepes Walahar ini karena penjual Pepes Walahar ini berjualan di dekat Bendungan Walahar. Itulah asal usul nama pepes walahar. Ingin coba? Maka anda harus datang ke bendungan Walahar yang terletak di Walahar, Klari, Karawang Jawa Barat. Dengan suasana yang rindang dan sejuk membuat nyaman jika anda ingin mencicipi makanan khas Karawang Jawa Barat ini.

5. Kerupuk Bontot

makanan khas karawang

Terakhir, kita kembali lagi ke Rengasdengklok, kerupuk bontot juga jajanan yang wajib dicicipi jika berkunjung ke kota Karawang.  Kerupuk bontot ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Anda bisa membeli kerupuk bontot dalam bentuk mentah ataupun siap santap. Dalam seporsi bontot anda harus merogoh kocek Rp. 15 ribu, sedangkan untuk bontot yang masih mentah biasanya dijual perkilo tapi ada juga yang jual perbatangnya, dimulai dari Rp. 10 ribu, Rp. 15 ribu, sampai dengan Rp. 20 ribu perbatangnya.

Demikianlah makanan khas Karawang Jawa Barat yang saya sampaikan. Sebenarnya masih banyak lagi makanan makanan atau pun jajanan yang khas dikota Karawang ini, sengaja saya hanya mengambil beberapa saja untuk meringkas nya lebih jelas.

Semoga info nya bermanfaat bagi pembaca maupun yang akan mengunjungi kota Karawang. Lestarikan selalu makanan khas dari daerah anda masing-masing.

Sumber : https://bnet.id/makanan-khas-karawang-jawa-barat/

 

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu