Liburan Keluarga ke Pantai Karawang
pepeling karawang

Liburan Keluarga ke Pantai Karawang

Assalamu’alaikum wr.. wb.. 

Hai gan ketemu lagi dengan dengan ane alias saya, kali ini saya akan membagikan informasi soal liburan di Karawang nih. Tapi liburan yang kali ini saya hanya akan bahas mengenai liburan di pantai aja gan. Kalau mau liburan ke pantai Karawang saya rasa agan harus baca nih artikel yang saya buat ini hehe. Langsung aja nih kita bahas liburan ke pantai Karawang dari yang pertama.

1. Pantai Tanjung Pakis

liburan-ke-pantai-karawang

Pantai Tanjung Pakis merupakan deretan pantai yang berada di daerah karawang. Tepatnya berada di desa pakis jaya, Kabupaten Karawang, jawa barat. Bersebelahan dengan kabupaten Bekasi berada dipedalaman karawang menjadikan pantai ini sulit di jangkau karena akses untuk menuju pantai tanjung pakis sangat sulit.

Dipantai ini juga telah terjadi tragedi, yaitu jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Hal ini membuat rakyat Indonesia berbela sungkawa atas kejadian tersebut. Semoga ini menjadi pembelajaran kita untuk kedepannya ya gan. Usia itu tidak ada yang tahu, maka dari itu kita harus mempersiapkan diri menjadi hamba yang lebih taat lagi. Ok gan kita fokus lagi ke Pantai Tanjung Pakis.

Posisi pantai Tanjung Pakis berada di perairan laut Utara Jawa, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Karawang, karena potensi wisata bahari yang di tawarkan sangat menjanjikan. Hal ini terbukti dengan munculnya penginapan yang di buat oleh warga sekitar sebagai sarana penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam di pantai. 

Liburan ke Pantai Karawang

Pantai Tanjung Pakis memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang sangat luas serta ombak yang tidak terlalu besar, terkadang angin pantai sangat kencang terjadi di daerah ini, walaupun cuaca sangat cerah sekalipun. Di pantai ini kita dapat bermain air dan juga berenang, walaupun air dipantai ini berwarna coklat tetapi warna coklat tersebut berasal dari tanah, bukan menandakan pantai ini kotor dan tercemar.

Karena letaknya sangat jauh dari pusat kota, biasanya wisatawan yang akan berkunjung ke pantai tanjung pakis memilih menaiki kendaraan pribadi. Walaupun Lokasinya cukup jauh, tetapi pada saat musim liburan banyak warga dari luar kota maupun dari dalam kota yang bertamasya di pantai ini, karena pantai tanjung pakis cocok dikunjungi oleh keluarga yang ingin berwisata bahari, dengan suasana teduhnya pedesaan.

Pantai Karawang

Banyak warga sekitar yang menjajakan sajian khas laut seperti, ikan bakar, cumi bakar, kerang dara serta hidangan laut lainnya. Ikan disini merupakan ikan hasil tangkapan para nelayan, kondisi ikannya pun masih segar.  Serta terdapat ibu-ibu penjual makanan yang berkeliling membawa bakul menjajakan makanan seperti, ”gemblong”, lontong, dan aneka makanan tradisional lainnya. Bagi wisatawan yang ingin membeli ikan hasil tangkapan nelayan disini juga di jual, baik ikan asap maupun ikan asin.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Tanjung_Pakis

2. Pantai Samudera Baru

liburan-ke-pantai-karawang

Jika liburan ke Pantai Karawang agan wajib mengunjungi pantai yang satu ini nih

Pantai Samudera Baru adalah salah satu destinasi wisata pantai yang populer di Karawang. Saat musim libur mulai datang tempat ini pasti akan ramai dikunjungi oleh para traveler. Pasalnya, pantai ini memang menawarkan keindahan yang bisa membuat siapa pun berdecak kagum saat berkunjung ke sana. Dengan hamparan pasir lembut berwarna hitam, serta deburan ombak yang cukup tenang, ditambah pemandangan sunset cantik yang bisa kamu temukan saat senja tiba. Panorama tersebut tentu bakal buat kamu merasa tenang dan damai saat berada di pantai ini. 

Berbagai aktivitas seru tentunya bisa kamu lakukan di sana. Berenang dan bermain air tentunya jadi kegiatan wajib selama berada di pantai ini. Kamu bisa menyewa ban atau papan seluncur yang tersedia di sana. Kalau ingin sekadar santai-santai di area pantai juga bisa kok. Karea area pantai yang cukup luas kamu dapat menggelar tikar dan bersantai di sana. Lebih asyik lagi kalau kamu bersantai di area gazebo yang berdiri di beberapa titik. Semilir angin laut yang menyentuh kulitmu bakal menambah syahdunya momen rileksasimu. 

Kala sore menjelang

jangan lupa untuk menyewa perahu dan berkeliling menikmati keindahan pantai. Dengan panorama langit senja yang berwarna jingga kemerahan serta matahari yang mulai bersembunyi di peraduan tentu akan membuat waktu liburanmu terasa semakin romantis. Berwisata kuliner menikmati sajian seafood yang nikmat pun tak boleh kamu lewatkan saat berada di pantai ini. Banyak sekali pilihan kedai yang menjual makanan lezat di sana. Dijamin kamu tak akan kelaparan selama berlibur ke pantai pasir hitam ala Karawang ini. Lokasi pantai cantik ini berada di Desa Sungai Buntu, Pedes, Karawang, JawaBarat. 

Jaraknya dengan kota Karawang sekitar 40km. Dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam untuk kamu bisa sampai tempat ini jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Untuk bisa menikmati keindahan pantai kamu harus membayar tiket masuk sesuai dengan kendaraan yang dibawa. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 untuk rombongan yang datang dengan motor dan Rp 30.000 untuk kelompok yang datang dengan mobil. 

Sumber : http://blog.reservasi.com/pantai-samudera-baru-karawang/

3. Pantai Tanjung Baru

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal memiliki pantai-pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Baru. Sayang, meskipun meskipun memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan lebih baik lagi, saat ini pengelolaan pantai ini belum maksimal. Pantai ini berlokasi di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Tepatnya di desa Pasir Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. 

Pantai ini kabarnya berasal dari pembabatan hutan baku yang berada di sepanjang pantai. Maka tidak heran jika panti ini punya warna air yang keruh dan endapan lumpur di beberapa bagian. Jika dibandingkan dengan dahulu, kondisi sekarang pantai ini jauh dari kata baik. Sampah atau kotoran terlihat dimana-mana. Ini membuat kita merasa miris sebab banyak fasilitas pantai yang terbengkalai, tidak terurus dan rusak. Pengunjung juga sepi tidak seramai dulu lagi. Hanya ada beberapa penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan atau siswa siswi yang sekadar bermain di pantai itu. Ada bangunan yang dibiarkan tidak terurus. 

Warung-warung makan yang biasanya berjejer sudah tidak terlihat lagi. Menurut cerita penduduk setempat, bangunan tersebut rusak terendam air laut. Terlepas dari kekurangannya ini itu, pantai ini cukup populer menjadi tempat hiburan melepas lelah oleh warga Karawang. Pengunjungnya juga datang dari berbagai daerah seperti misalnya Subang, Purwakarta, Bekasi dan lain sebagainya. 

Kuliner

Selain warung makan tradisional, anda bisa menemukan beberapa fasilitas sederhana yang menunjang keindahan Pantai Tanjung Baru seperti panggung hiburan, pasar tradisional, penginapan sederhana, penyewaan perahu tradisional serta sarana bilas air bersih. Jika tidak untuk berenang, naiklah perahu dengan tarif yang tergolong murah. Sementara jika anda ingin menginap, di sekitar lokasi wisata sudah tersedia penginapan-penginapan yang bisa anda sewa. 

Di pantai ini Anda juga bisa menyantap seafood di warung-warung makan yang ada di sekitar lokasi wisata. Bisa pula menyewa perahu milik nelayan jika ingin sejenak menikmati santai di atas perahu. Panggung hiburannya sesekali mengadakan pertunjukan hiburan seperti orkes. Terutama pada momen atau perayaan-perayaan hari tertentu oleh masyarakat setempat. Jika ingin menikmati suasana di pantai ini, anda hanya dikenakan harga tiket masuk Rp. 10.000/ motor. 

Namun, ada beberapa pengalaman dari pengunjung yang ternyata ketika datang di lokasi wisata tidak ada petugas atau penjaga. Anda bisa mengunjunginya dari mulai hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Namun karena kondisinya yang kurang menarik, pengunjung tergolong sepi untuk datang ke pantai ini. 

Sumber : https://alampriangan.com/pantai-tanjung-baru-cilamaya/

4. Pantai Sedari

liburan-ke-pantai-karawang

Liburan ke Pantai Karawang

Sedari adalah salah satu desa di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Secara geografis wilayah desa ini terletak di bagian utara dengan jarak kurang lebih 51 km dari pusat kota Karawang. Dengan luas wilayah 37,87 km2 atau sekitar 38 persen dari keseluruhan luas wilayah Kecamatan Cibuaya. 

Sebelumnya desa ini bisa dikatakan tidak memiliki jalan yang layak selama berpuluh-puluh tahun. Untuk menuju desa yang terletak di pesisir utara tersebut, masyarakat harus menggunakan perahu atau berjalan kaki menerobos pematang-pematang tambak. Warga sedari biasanya juga menempuh jalan darat dengan menyusuri Pantai Pisangan menuju Kecamatan Pedes. Namun, pantai pisangan kondisinya sekarang sudah tergerus abrasi, sehingga jalan setapak yang semula bisa dilalui sepeda motor, sejak beberapa tahun lenyap berubah menjadi lautan. 

Pantai Sedari

Akses jalan menuju desa ini mulai terbuka setelah pihak PT Pertamina Hulu Energi – Offshore North West Java (PHE-ONWJ) membendung tambak dan membangun dua jembatan agar kendaraan roda empat dan roda dua bisa sampai ke Desa Sedari. Guna membuka akses tersebut PHE-ONWJ harus menggelontorkan dana sebesar Rp 14 miliar, seperti dikutip dari harian Pikiran Rakyat, 17 Februari 2017. Dana sebanyak itu habis terpakai untuk membangun jalan beton sepanjang 2,4 kilometer dan dua jembatan, seperti yang disampaikan vice president PHE ONWJ, Amrullah Muiz, saat meresmikan penggunaan jalan dan jembatan tersebut di halaman kantor Desa Sedari, Kamis, 16 Februari 2017. 

Menurut dia, sebelum ada jalan darat, para nelayan Desa Sedari harus mengangkut hasil tangkapannya menggunakan perahu. Atau bahkan ada yang rela memikul ikan-ikan sepanjang ribuan meter agar bisa terjual ke penduduk desa lain imbuhnya. Benar saja, setelah akses darat terbuka, Desa Sedari berubah menjadi wilayah pertumbuhan ekonomi baru di wilayah utara Kabupaten Karawang. Hasil tangkapan ikan nelayan setempat bisa dengan mudah diangkut dengan menggunakan motor atau mobil. 

Destinasi baru 

Disamping itu hadirnya destinasi wisata baru yang diberi nama “Pantai Sedari “ membuka lapangan usaha baru bagi warga sekitar dan tentunya dapat mendongkrak pendapatan asli desa. Tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Karawang, Pantai Sedari memiliki karakter yang mirip dengan pantai lainnya di wilayah utara Karawang. Pantai yang landai dengan hembusan angin yang cukup kencang, ombak sedang dan warna air laut yang kecoklatan adalah ciri khas dari pantai ini. Namun jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Karawang, Pantai Sedari ini memiliki keunggulan tersendiri. Kawasan mangrove dan bentangan tambak di sisi kanan dan kiri jalan menuju pantai menambah keindahan tersendiri bagi wisatawan. 

Harga tiket masukpun terbilang cukup murah, cukup membayar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) untuk sepeda motor dan Rp. 20.000,- rupiah untuk mobil sudah termasuk penumpang. Bagi anda yang menggunakan mobil agar berhati-hati ketika mulai memasuki jembatan pertama, karena akses jalan menuju pantai hanya bisa dilalui untuk satu mobil. Sangat sulit ketika bersimpangan dengan sesama kendaraan roda empat. Di beberapa titik tertentu memang disediakan area tunggu persimpangan namun jika tidak ada petugas yang mengatur keluar masuk mobil berpapasan di tengahpun tak dapat dihindarkan. Perlu kesadaran dari masing-masing pengendara.

Akses

Akses menuju Lokasi Pantai Sedari terbilang cukup mudah karena hampir seluruh jalan menuju lokasi pantai ini sudah di beton dan aspal. Hanya jaraknya saja yang cukup jauh dari kota sehingga bisa mencapai 2 jam perjalanan atau lebih. Rute perjalanan jika ditempuh dari Karawang adalah melalui Terminal Tanjungpura lurus menyusuri jalan proklamasi menuju Rengasdengklok. Bagi yang membawa mobil mulai dari jembatan pertama inilah anda harus berhati-hati karena meskipun jalan sudah di beton tetapi akses jalan hanya bisa dilalui oleh satu arah kendaraan roda empat sehingga agak kesulitan jika berpapasan dengan mobil lain. 

Sumber: http://warjipermana3215.blogspot.com/2018/01/pantai-sedari.html

Ok gan saya rasa cukup informasi yang saya kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya tentang liburan ke pantai Karawang. Semoga informasinya bermanfaat. Salam Untuk Karawang yang Lebih Baik

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu