Jenis-jenis Kesenian Tradisional Khas Karawang

Jenis-jenis Kesenian Tradisional Khas Karawang

Kesenian tradisional Khas Karawang

Halo teman-teman jumpa lagi dengan saya, dan kali ini saya akan bahas artikel tentang jenis-jenis kesenian tradisional Karawang. Dijaman yang sudah maju ini memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi kebudayaan luar sudah merebak masuk dalam kehidupan sehari-hari. Jadi kesenian tradisional ini adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh generasi muda khususnya ya warga Karawang. Karena setiap daerah pasti memiliki kesenian tradisional nya masing-masing dan itu menjadi suatu nilai yang tinggi bagi bangsa kita. Langsung aja kita bahas kesenian tradisional Karawang di antaranya :

1. Jaipong

Jaipong merupakan sebuah jenis tari tradisional masyarakat Sunda, Karawang Jawa Barat yang sangat terkenal di Indonesia dan sudah sangat lekat dengan adat Sunda. Jadi aneh kalau ada masyarakat yang tidak tahu seni tradisional ini apalagi orang sundanya sendiri.

Tari jaipong atau biasa disebut dengan jaipongan diciptakan oleh seniman asal Karawang H. Suanda pada tahun 1976. Pada saat itu tari jaipong mulai berkembang pesat dan semakin dikenal luas oleh masyarakat Karawang dan sekitarnya.

Pada masanya seni tari jaipong menjadi alternatif acara hiburan yang sangat diminati oleh seluruh kalangan masyarakat. Gerakan yang khas dan hentakan-hentakan ataupun lemah gemulainya pada tarian ini mengandung nilai seni tersendiri.

2. Odong-odong

kesenian-tradisional-karawang

Hayoh siapa yang waktu kecil suka main ini nih? Berarti masa kecil kamu bahagia wkwk. Odong-odong atau sisingaan berasal dari sunda dan mulai muncul sekitar tahun 1812. Pada saat itu pulau Jawa sedang dijajah oleh Inggris dan sebagian dari Jawa Barat telah dikuasai oleh Inggris. Lambang negara Inggris adalah singa yang di artikan sebagai kekejaman yang menindas rakyat. Itu adalah sepintas yang saya tahu tentang sejarah sisingaan atau yang sekarang kerap kita sebut odong-odong.

Biasanya pagelaran odong-odong di adakan pada saat acara khitanan anak-anak di Karawang dengan bertujuan untuk menghibur masyarakat terutama anak yang akan dipotong anu nya hehe. Pagelaran di iringi dengan musik yang biasanya bergenre dangdut dan sekarang ini bentuk odong-odong tidak hanya jenis singa saja, banyak jenis-jenis lainnya. Selain itu odong-odong juga biasanya di angkat oleh 4 orang dan 1 sampai 2 orang yang naik. Untuk kamu yang udah gede jangan pengen naik ya kasian amang-amang yang ngangkatnya.

3. Topeng Banjet

kesenian-tradisional-karawang

Kesenian topeng yang satu ini memiliki nilai-nilai budaya yang tinggi, namun masyarakat urang sunda tidak terlalu memperhatikan kesenian ini. Topeng banjet sekarang ini jarang terlihat dalam keseharian masyarakat. Kebetulan saya mempunyai teman yang bergulat dibidang seni ini, namanya Sahrul Bahri kerap dipanggil Sahrul. “Biasanya saya manggung dimalam hari dari jam 21:00 sampai jam 04:00 sebelum adzan subuh berkumandang” ujar Sahrul. 

Biasanya Pertunjukan seni ini berisikan bodoran  yang di iringi musik gamelan dan sinden. Ada juga yang joged yang memakai topeng sebagai ciri khas dari topeng banjet itu sendiri. 

4. Wayang Golek

kesenian-tradisional-karawang

Ini dia wayang golek yang sangat populer dikalangan masyarakat Karawang. Seni ini identik dengan sunda, bahasa yang digunakan dalam pementasanpun bahasa sunda. Pagelaran wayang golek di isi dengan cerita dalam Evos Ramayana karya Valmiki atau Mahabarata karya Vyasa. Ada juga yang membahas tentang kepercayaan yang di anut oleh umat. Yang tentunya di iringi dengan bodoran atau komedian yang mencairkan suasana. Pada masanya wayang golek menjadi sarana hiburan yang banyak diminati pada malam hari oleh masyarakat.

Pementasan wayang golek berbeda dengan wayang kuilt. Wayang golek dipentaskan dengan bentuk 3 dimensi sedangkan wayang kulit hanya 2 dimensi saja biasanya disoroti lampu didepan dan di mainkan dibelakang layar. Dari segi bahan pembuatan nya pun sudah beda, wayang golek menggunakan tekstil sedangkan wayang kulit terbuat dari kulit. Dan asalnya pun berbeda, wayang golek berasal dari Jawa Barat, sedangkan wayang kulit berasal dari Jawa Tengah.

Demikianlah seputar kesenian tradisional khas Karawang yang pernah melegenda di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia yang baik apalagi sebagai pribumi pemilik kesenian tradisional jangan lah kita melupakan kebudayaan yang sudah diciptakan oleh para seniman legendaris kita. Jangan sampai di rebut atau diklaim oleh negara lain, kalau udah di klaim baru dah luh ambek-ambekan hmm. Maka dari itu lestarikan lah selalu kebudayaan kita ini. Sekian dari saya salam Untuk Karawang yang Lebih Baik.

Sumber : https://bnet.id/kesenian-khas-karawang/

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu