Kampung Tipar Kutamaneuh Karawang
foto : pepeling karawang

Kampung Tipar Kutamaneuh Karawang

Kampung Tipar Kutamaneuh

kampung-tipar-kutamaneuhAssalamualaikum.. Wr.. Wb.. Halo teman-teman ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membagikan info tentang sebuah kampung yang masih sangat kental dengan adat dan kebudayaannya. Letak geografis kampung Tipar sangat jauh dari perkotaan, jadi untuk bisa sampai kesini kamu harus melewati medan yang pokoknya waw deh. Tapi tenang aja guys buat kamu yang ingin main kesini gak usah khawatir, semua itu akan terbayar ko dengan pesona keindahan kampung Tipar Kutamaneuh ini.

Kampung ini adalah kampung terakhir yang menjadi sekat antara Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Purwakarta. Kampung yang berada di perbukitan belimbing dengan ketinggian antara 250-350 mdpl yang berada di kaki pegunungan Sanggabuana. Kampung yang indah dikelilingi banyak bukit semakin menambah pesona keindahannya saja. Di kampung ini kamu bisa menghirup udara segar tanpa polusi. 

Masyarakat Kampung Tipar Kutamaneuh

Masyarakat kampung Tipar Kutamaneuh sangat ramah-ramah, mereka sangat menyukai Jaipongan kesenian tradisional khas Karawang. Sangat jarang sekali loh sekarang ini masyarakat suka dengan kesenian tradisional. Dikampung ini kamu akan mengetahui kebudayaan sederhana urang Karawang. Mayoritas masyarakat di kampung Tipar bermatapencaharian petani atau berkebun. Mereka memanfaatkan alam untuk bertahan hidup.

Kesederhanaan dan keramahan masyarakat akan kamu rasakan jika kamu berkunjung ke kampung Tipar Kutamaneuh. Untuk lokasi kampung Tipar terletak di Desa Kutamaneuh Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Dikampung ini masih terdapat banyak rumah-rumah tradisional Sunda (rumah panggung) yang masih bagus-bagus dan terawat. Sudah sangat jarang sekali rumah panggung dapat kamu temui di Karawang, mungkin hanya ada di daerah-daerah yang masih kental dengan kebudayaan sundanya.

Alam kita ini memang sudah indah maka dari itu kita jaga, kita rawat, kita lestarikan bersama demi generasi anak cucu kita kelak. Semoga informasi nya bermanfaat sekian dari saya salam untukKarawang yang leih baik

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu