Jalan-jalan ke Tempat Bersejarah di Karawang Sambil Belajar

Jalan-jalan ke Tempat Bersejarah di Karawang Sambil Belajar

1. Monumen Kebulatan Tekad

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok adalah salah satu tempat bersejarah di Karawang yang berada di desa rengasdengklok. Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. 

Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota kerawang tidak mengunjungi wisata sejarah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. 

Keindahan Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat di kota kerawang. monumen ini terletak di desa rengasdengklok, Kecamatan rengasdengklok timur, Kabupaten kerawang, Provinsi jawa barat. 

Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak tempat bersejarah di Karawang tepatnya Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok saya sarankan anda mencari dengan mengetik Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah rengasdengklok juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. 

Kota kerawang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah tempat bersejarah di Karawang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Kerawang Jawa Barat merupakan sebuah Tugu Proklamasi Rengasdengklok di Karawang. Karawang adalah daerah yang ada di Jawa Barat yang memiliki sejuta wisata sejarah.

Kota Karawang adalah kota wisata sejarah yang sangat menyejukan dan murah. Salah satu wisata tersebut adalah Monumen Kebulatan Tekad. Monumen dimana ada sebuah peristiwa tentang kebulatan tekad dan keepakatan dari para tokoh indonesia untuk memproklamasikan NKRI. Monumen Kebulatan Tekad adalah monumen atau tugu yang dibangun dengan luas sekitar 1500 m2. Tugu ini bekas lokasi markas PETA yang ada di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. 

Bentuk lahan monumen Monumen Kebulatan Tekad menyerupai bentuk segitiga. Dimana sudut di bagian timur adalah jalan masuk ke area monumen. Sedangkan bagian depan jalan masuk jalan raya dari Karawang yang membentuk percabangan yang unik. 

Salah satu dari ruas jalan tersebut berada di utara area monumen agak menyerong. Ruas jalan lainnya berada pada persimpangan. Lingkungan sekitar Monumen Tugu Kebulatan Tekad adalah pedataran rendah. Monumen ini dibangun pada tahun 1950 danpada tahun 1984 dilakukan pemuggaran atau perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karawang.

Sumber : https://www.teluklove.com/2017/03/pesona-keindahan-obyek-wisata-monumen.html

2. Monumen Rawagede

monumen rawagede

Dibelakang bangunan monumen terdapat halaman yang fungsinya untuk tempat upacara dan juga sebagai penghubung antara bangunan monumen dengan makam pahlawan yang berada disebelah utara.

Monumen Perjuangan Rawagede

Halaman ini juga dimaksudkan sebagai lambang jembatan emas perjuangan bangsa Indonesia menuju cita-cita kemerdekaan. 

Makam pahlawan di bagian belakang diberi nama Sampurna Raga. Di samping timur jalan masuk makam pahlawan terdapat data korban peristiwa tindakan militer Belanda di Rawagede. Jumlah korban tersebut terdiri peristiwa 9 Desember 1947 sebnyak 431 orang, kurun waktu antara Januari sampai Oktober 1948 sebanyak 43 orang, dan korban pada kurun waktu Juli sampai November 1950 sebanyak 17 orang. Dari sekian korban tersebut yang dimakamkan di taman makam pahlawan Sampurna Raga sebanyak 181 orang. 

Dengan adanya monumen ini generasi penerus akan dapat menghayati kegigihan masyarakat pada waktu itu daam rangka mempertahankan kemerdekaan. Letaknya yang sangat strategis, mudah dijangkau, dan berada pada lokasi peristiwa menjadikan monumen ini sangat memberi arti bagi pendidikan perjuangan kepada generasi penerus. Monumen ini sekarang dikelola oleh Yayasan Rawagede di bawah pimpinan Bapak K. Sukarman HD. 

sumber : https://situsbudaya.id/monumen-rawa-gede-karawang/

3. Candi Jiwa

tempat-bersejarah-di-karawang

Tempat bersejarah di Karawang tidak hanya ada di Rengasdengklok, yaitu Kompleks Percandian Batujaya adalah sebuah suatu kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuno yang terletak di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Situs ini disebut percandian karena terdiri dari sekumpulan candi yang tersebar di beberapa titik. 

Situs Batujaya

Secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Talagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya ini diperkirakan sekitar lima km2. Situs ini terletak di tengah-tengah daerah persawahan dan sebagian di dekat permukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat (Ujung Karawang). 

Batujaya kurang lebih terletak enam kilometer dari pesisir utara dan sekitar 500 meter di utara Ci Tarum. Keberadaan sungai ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan situs sekarang karen tanah di daerah ini tidak pernah kering sepanjang tahun, baik pada musim kemarau ataupun pada musim hujan.

Tempat bersejarah di Karawang atau percandian ini jika ditempuh menggunakan kendaraan sendiri dan datang dari Jakarta, dapat dicapai dengan mengambil Jalan tol Cikampek. Keluar di gerbang tol Karawang Barat dan mengambil jurusan Rengasdengklok. Selanjutnya mengambil jalan ke arah Batujaya di suatu persimpangan. Walaupun jika ditarik garis lurus hanya berjarak sekitar 50 km dari Jakarta, waktu tempuh dapat mencapai tiga jam karena kondisi jalan yang ada. 

Situs Batujaya terletak di lokasi yang relatif berdekatan dengan Situs Cibuaya (sekitar 15 km di arah timur laut) yang merupakan peninggalan bangunan Hindu dan situs temuan pra-Hindu “kebudayaan Buni” yang diperkirakan berasal dari masa abad pertama Masehi. Kenyataan ini seakan-akan mendukung tulisan Fa Hsien yang menyatakan: “Di Ye-po-ti (Taruma, maksudnya Kerajaan Taruma) jarang ditemukan penganut Buddhisme, tetapi banyak dijumpai brahmana dan orang-orang beragama kotor”.

Lokasi candi ini dahulu merupakan danau dan candi dibangun di tepi danau. Danau ini terbentuk akibat beralihnya sungai Citarum dari arah Utara ke Barat Laut. Hal ini juga di tandakan dengan nama desa yang ada yaitu Segaran yang berarti Laut atau badan air seperi danau dalam bahasa Sangsekerta dan Telaga Jaya.

Tempat bersejarah di Karawang

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Percandian_Batujaya

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu