Karawang Punya Goa Dayeuh
foto : karawang today

Karawang Punya Goa Dayeuh

Goa Dayeuh Karawang

Hai gaess jumpa lagi dengan saya yang tampan rupawan kata emak saya itu juga. Saya harap semuanya dalam keadaaan sehat walafiat dan jangan lupa untuk bersyukur. Sudah bersyukur kah hari ini?. Ok guys apa yang akan kamu lakukan jika mengetahui ada goa dayeuh Karawang ini? Penasaran kan? Mari kita simak artikel tentang goa dayeuh Karawang ini dengan seksama. 

Jadi goa dayeuh adalah goa yang memiliki struktur seperti benteng yang terbentuk dari batuan endapan berkisar ratusan ribu tahun. Goa ini sangatlah indah dalam hal panorama dan ke eksotisannya. 

Selain itu ada keseruan dibalik cerita mistisnya. Goa dayeuh Karawang yang berupa tebingan dengan ketinggian dinding-dinding goa sekitar 15 meter. Jika dilihat kontur serta letaknya goa dayeuh ini merupakan salah satu yang pernah dijadikan peradaban karena dilihat dari bentuk dan keadaan goa dayeuh tertutup oleh tanah. Namun secara bentuk dan relief goa masih sangat terlihat nilainya.

Keberadaan goa dayeuh yang tidak terlalu jauh hanya 500 meter dari jalan utama Kecamatan Pangkalan. Dengan kondisi alamiahnya yang masih sangat bagus karena pohon-pohon yang ada dalam kawasan goa masih terjaga walaupun daerah disekeliling goa sudah menjadi perkebunan masyarakat. Tidak jauh dari lokasi goa dayeuh Karawang ada sumber mata air citaman. Sumber mata air citaman inilah yang menjadi sumber untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di daerah tersebut dan jaraknya pun hanya 300 meter dari goa dayeuh.

Sumber mata air Citaman

Sumber mata air yang berada dekat dengan goa dayeuh sangatlah asri, nyaman dan menyejukan hati, dipagi dan sore hari kita dapat melihat warga yang menggunakan mata air tersebut untuk berbagai kepentingan seperti mencuci pakaian, mandi, dan kebutuhan lainnya. Goa dayeuh yang tingkat kearifan lokalnya masih sangat kental sehingga tidak sedikit orang yang berkunjung dengan berbagai keinginannya dan larena tingkat mistisnya juga masih berpengaruh atas kelstariannya. 

Lokasi goa dayeuh yang berada di Citaman, Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Karawang ini tidak lepas dari sebuah sejarah Kabupaten Karawang, karena pada masa pemerintahan Bupati Karawang yang kedua yang dipimpin oleh Raden Anom Wirasuta Putra Raden Adipati Singaperbangsa bergelar Adipati Panatayudha 1. Beliau dilantik jadi Bupati di Citaman Pangkalan.

Ok gaess itu adalah informasi mengenai Goa Dayeuh Karawang yang di kumpulkan dari sumber yang terpercaya kebenarannya. Share artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa jika kemana-kemana buanglah dampah pada tempatnya ok. Sekian dari saya salam untuk Karawang yang lebih baik.

Sumber : http://www.pepelingkarawang.org/2016/01/goa-dayeuh.html

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu