DLHK Kab. Karawang Akan Siapkan Aturan Untuk Mengurangi Sampah Plastik

DLHK Kab. Karawang Akan Siapkan Aturan Untuk Mengurangi Sampah Plastik

Karawang Pangkal Perjuangan

Karawang,- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Jawa Barat bakal memberlakukan zona bebas sampah di sejumlah titik ruas jalan perkotaan Karawang. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi volume sampah yang tercecer di wilayah perkotaan. “Setiap hari sampah di Karawang itu mencapai 900 ton. Namun yang bisa kami angkut hanya sekita 400 hingga 500 ton perharinya. Sisanya itu tercecer ada yang dibuang di saluran air dan ditempat-tempat lain,” kata Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan, Senin (1/4). Ia mengatakan sejumlah jalan yang akan menjadi lokasi zona bebas sampah diantaranya adalah dikawasan niaga seperti jalan Ahmad Yani, Tuparev, Kertabumi, dan Arif Rahman Hakim. “Nanti akan ada aturan khusus yang ditandatangani langsung Bupati. Jadi harus dipatuhi,” katanya.

Kemudian sejumlah pelaku usaha di jalan-jalan perkotaan wajib memiliki tempat sampah, kantong sampah, dan pemilahan sampah organik dan non organik. Selain itu melalui DLHK juga akan menyiapkan aturan untuk mengurangi sampah plastik, lanjutnya, aturan itu untuk hotel dan rumah makan juga kantin sekolah untuk mengurangi produksi sampah non organik khususnya plastik.

Karawang pasti bisa

Saat ini melalui instruksi Bupati seluruh lembaga pemerintahan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan harus menyediakan penggunaan tempat minum isi ulang bagi pegawai. Serta menyediakan dispenser air minum dan gelas disetiap ruangan berkumpul. “Saya harap ini butuh komitmen bersama semua pihak. Sehingga pengurangan sampah plastik ini bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya (diskominfo)

Kesadaran masyarakat akan hal ini harus ditumbuhkan, karena peran masyarakat lah yang menentukan usaha ini berjalan dengan baik atau tidak. Semoga Karawang menjadi Kota yang lebih maju lagi dan terus berkembang, salam untuk Karawang yang lebih baik.

Sumber : https://www.karawangkab.go.id/berita/dlhk-kabkarawang-akan-siapkan-aturan-untuk-mengurangi-sampah-plastik-0

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu