5 Fakta yang Membuat Bangga Warga Karawang

5 Fakta yang Membuat Bangga Warga Karawang

5 fakta yang membuat bangga warga Karawang

Assalamualaikum.. Wr.. Wb.. Selamat jumpa kembali teman-teman, sudah bersyukur kah kamu hari ini. Jangan lupa ikuti terus artikel saya tentang semua hal yang unik di kota Karawang. Kali ini saya akan membagikan info buat kamu, iya kamu yang belum tahu tentang 5 fakta yang membuat bangga warga Karawang. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang unkinya kota Karawang ini, tapi saya yakin tidak semua orang Karawang mengetahui ketujuh fakta ini. Check it out

1. Kota Lumbung Padi Nasional

Memang tidak dapat dipungkiri lagi, luas daratan kota Karawang memang dikelilingi oleh hijau nya pesawahan. Untuk sebagian besar masyarakat Karawang pasti sudah mengetahui fakta nomor satu ini. Karena tidak sedikit juga kepala keluarga di Karawang yang matapencahariannya sebagai seorang petani atau berkebun. 

2. Kabupaten dengan UMK Tertinggi se Indonesia

Banyaknya pabrik atau perusahaan-perusahaan besar yang berdiri di Karawang membuat banyak para perantau dari kota lain memilih kota Karawang sebagai tempat yang pas untuk mencari uang. Dikarenakan Karawang adalah kota dengan umk tertinggi di Indonesia, yaitu pada tahun 2019, yakni Rp. 4.234.010,27 angka ini sangat besar, siapa yang tidak tertarik kerja di kota Karawang. Untuk orang Karawang yang belum kerja jangan patah semangat rezeki sudah ada yang mengatur jadi jangan berhenti berusaha dan berdoalah kepada Sang Maha kaya.

3. Pabrik Percetakan Uang  Nasional ada di Karawang 

fakta-yang-membuatUntuk saat ini pabrik pencetak uang (Peruri) berada di Kawasan industri Karawang loh guys. Di dalam perjalanan sejarahnya, Peruri mencatat beberapa milestone yang membawa nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai berikut: (i). Pada 1982, menjadi tuan rumah Konferensi Pencetakan Uang Logam Asia Tenggara (TEMAN, Technical Meeting of Mints in ASEAN); (ii). Pada 1983, menjadi tuan rumah Konferensi Pencetakan Uang Kertas Asia Pasifik ke-6 (PRBPC, Pacific Rim Banknote Printers Conference); (iii).

Pada 1983, pemancangan tiang pertama pembangunan gedung pencetakan uang di Karawang oleh Menteri Keuangan; (iv). Pada 1994, mesin baru satu lini mulai beroperasi di Kawasan Produksi Peruri Karawang; (v). Pada 2003, penandatangan joint venture agreement (JVA) dengan SICPA, SA (Swiss), produsen tinta uang untuk membentuk perusahaan afiliasi dengan lokasi di Kawasan Produksi Peruri Karawang; (vi). Pada 2005, Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono meresmikan Kawasan Produksi Peruri di Karawang. Sumber : https://www.peruri.co.id/about-us

4. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Karawang

Dimana pada tanggal 16 Agustus 1945, dalam catatan sejarah Bung Karno diculik oleh sejumlah pemuda dari perkumpulan Menteng 31 terhadap Soekarno dan Hatta. Pada saat itu Bung Karno beserta rengrengannya merumuskan Kemerdekaan Republik Indonesia di Rengasdengklok Karawang. Pada saat itu juga di Rengasdengkok disusunnya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

5. Candi Tertua

fakta-yang-membuatTernyata eh ternyata di Karawang lah tempatnya candi tertua berada. Berdasarkan analisis radiometri karbon 14 pada artefak-artefak peninggalan di candi Blandonganini diketahui bahwa kronologi paling tua berasal dari abad ke-2 Masehi dan yang paling muda berasal dari abad ke-12. Lebih tua dari candi Borobudur yang berasal dari abad ke-8 Masehi.

Jadi itu guys 5 fakta yang membuat bangga warga Karawang. Gimana guys bangga tidak jadi warga Karawang? Saya sih lumayan lah haha. Ok guys sekian dulu pembahasan artikel dari orang tampan ini, semoga bermanfaat. Salam untuk Karawang yang lebih baik.

Share

Tinggalkan Balasan

Close Menu